Home » Uncategorized » Berbagi Informasi Ringan Definisi dari Limbah dan Polusi

Berbagi Informasi Ringan Definisi dari Limbah dan Polusi

Berbagi Informasi Ringan Definisi dari Limbah dan Polusi – Seiring dengan bertambahnya jumlah manusia yang ada dibumi, Maka semakin banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi. Akibat dari semakin bertambahnya tingkat konsumsi masyarakat serta aktivitas lainnya maka bertambah pula buangan atau limbah yang dihasilkan. Limbah rumah tangga yang tidak diolah dan dihasilkan setiap hari sangat membahayakan lingkungan. Dapat dikatakan kerusakan karena limbah rumah tangga lebih besar daripada limbah industri. Limbah rumah tangga yang dirasa sangat berbahaya bagi lingkungan antara lain limbah bahan kimia baik dari MCK, emisi gas CO2 maupun aktivitas lain dan sampah plastik. Limbah plastik merupakan salah satu musuh besar yang banyak diperangi oleh berbagai pihak yang peduli terhadap lingkungan.

Kemajuan dalam bidang industri maupun iptek memang telah sangat membantu manusia. Namun demikian, kita tetap harus waspada dampak negatifnya. Seperti bertambahnya volume sampah dan limbah. Pada mulanya industrialisasi bertujuan agar kesejahteraan hidup manusia meningkat, namun disisi yang lain ternyata jua berdampak negatif khususnya pada aspek kualitas lingkungan hidup. Lebih-lebih kegiatan industri yang menggunakan bahan bakar fosil yang semakin berkembang akan dibarengi dengan upaya eksplorasi sumber daya alam yang semakin pesat pula.

Berbagi Informasi Ringan Definisi dari Limbah dan Polusi – Menurut undang-undang republik indonesia nomor 32 tahun 2009, pencemaran linkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan jika keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup. Contohnya, Karbon dioksida dengan kadar 0.033% diudara berfaedah bagi tumbuhan, tetapi apabila lebih tinggi dari 0.033% dapat memberikan efek merusak.

Suatu zat disebut polutan apabila :
1. Jumlahnya melebihi jumlah normal.
2. Berada pada waktu yang tidak tepat.
3. Berada pada tempat yang tidak tepat.

Polusi dapat terjadi manakala bahan pencemaran yang mengotori lingkungan telah meleihi ambang batas dan berpengaruh terhadap kehidupan. Untuk mempelajari jenis polusi ini secara sederhana dapat dibedakan menjadi 3 kategori berdasarkan pada:
1. Tempat terjadinya polusi.
2. Bahan pencemaran.
3. Tinggih rendahnya kadar pencemaran.

Terima kasih telah membaca konten berjudul Berbagi Informasi Ringan Definisi dari Limbah dan Polusi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s